Animal Defenders Shelter: Shelter Anjing dan Kucing di Cisalak

Wednesday, 27 August 2014

Halo semuanya!
Kali ini saya ingin cerita tentang shelter yang didirikan Animal Defenders Indonesia (kalau tidak salah) bulan Mei tahun 2013 lalu.

Saya tahu Mas Doni, salah satu pendiri Animal Defenders via twitter jauh sebelum mereka punya shelter ini. I've always admired their work and their passion for abandoned/abused animals. It takes a whole lot of dedication and selflessness to do this kind of work. Menyelamatkan hewan bukan bisnis yang menghasilkan milyaran rupiah, yang kita dapatkan adalah cinta dari anak-anak ini dan tatapan tulus 'terima kasih' dari mereka. Animal Defenders melakukan pekerjaan yang mulia, juga melelahkan (saya belum pernah tanya sama mereka, capek atau tidak, tapi kalau dipikir, pastinya iya yah). Saya bersyukur saya tahu mereka sejak dulu, dan support mereka semampu saya (meski saya belum pernah ikut mereka rescue peliharaan yang terkurung waktu banjir, tapi saya wholeheartedly support mereka). Thank you so much for everything that you do, Animal Defenders!

Shelter ini adalah hasil dari perjuangan mereka selama 2 tahun sebelumnya (Animal Defenders didirikan tahun 2011) dan terakhir saya berkunjung, ada sekitar 80an anjing, dan mungkin sekitar 20an kucing (saya lupa tanya). Katanya, di shelter sempat terkumpul 140an anjing. Saya senang sekali melihat banyaknya perkembangan dari pertama kali saya kesana, ini membuktikan kalau mereka selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Dulu, tidak ada kandang untuk kucing, kucing hasil rescue dirawat di rumah Mas Doni di Ciledug. Dulu, tidak ada kandang satuan untuk anjing-anjing yang rehab/sakit, sekarang sudah dibangun. Sekarang, shelter jauh lebih rapi. Terima kasih untuk semua orang yang sudah membantu shelter, banyak sekali yang memberikan donasi, saya yang bukan anggota Animal Defenders saja sangat bersyukur dan berterima kasih!







Shelter dibuka untuk kunjungan umum setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 0900 - 1700. Mereka tidak pernah minta kalian untuk membawa uang/donasi kesana. Kalian diperbolehkan untuk duduk-duduk saja bermain dengan anjing, kadang-kadang mereka juga membuat acara untuk volunteer memandikan anjing-anjing di shelter, dan sebagainya. Biasanya, saya membawa makanan untuk anjing, misalnya dog treats, atau sekarung dry food. Mereka memang tidak pernah minta, namun saya merasa memiliki kewajiban untuk membantu. Anak-anak ini ditelantarkan dan beberapa di-abuse di kehidupan mereka sebelumnya, kewajiban kita untuk membuktikan kalau tidak semua manusia itu sama.

Berada di sekitar anjing-anjing ini memberikan saya perasaan yang tidak saya dapatkan di tempat lain, anjing itu unik. (Fun fact: interaksi pertama saya dengan anjing terjadi di shelter ini, sebelumnya, seumur hidup saya takut dengan anjing, sekarang saya berani kasih mereka dog treats dari tangan saya lho). Waktu itu, saya sempat ingin membuat video mengenai shelter di sana, namun ketika anjing-anjing ini sudah mengelilingi saya, saya memilih untuk main sama mereka daripada memegang kamera.

Menurut saya, jika kalian ingin ajarkan anak kalian compassion dan kasih sayang terhadap binatang, bawa anak-anak kalian kesini, bukan ke kebun binatang atau akuarium publik. Kalian akan mendapatkan pelajaran tentang dua hal: 1) Anjing adalah hewan yang tulus kasih sayangnya 2) Di tengah kacaunya dunia ini, disaat banyak sekali orang jahat, ada sekumpulan orang-orang berhati tulus yang mau menghabiskan waktu mereka mengurus anak-anak ini, bukannya memikirkan diri mereka sendiri.

Kalau saya kesana, pasti yang saya pikirkan "Kennel ini sudah makan belum ya?" rasanya mereka hampir tidak pikirkan diri sendiri saking selalu urus anjing-anjing ini.

 
 Ini Daila, anjing Golden Retriever cantik yang salah satu kakinya harus diamputasi karena kecelakaan, (kalau tidak salah) owner tidak mampu urus, karena itu Daila diambil oleh teman-teman Animal Defenders. Daila adalah salah satu bintang (yang paling terkenal) di shelter ini.

PUPPIES!
Slash ini cantik sekali, kalau orangtua izinkan punya anjing, saya ingin sekali adopsi si manis ini.

Sayang sekali, terakhir saya ke shelter, Mas Doni sedang di rumah Ciledug, mengurus anjing yang sedang sakit dan dibawa kesana, jadi kita belum sempat foto dengan Mas Doni (saya ketemu Mas Doni sudah beberapa kali, tetap saja belum pernah minta foto). :P




Kebanyakan dari anak-anak ini up for adoption (sebagian dari mereka akan terus dirawat oleh Animal Defenders, misalnya Daila, karena mereka terlanjur sayang katanya :]), untuk persyaratan mengenai adopsi, bisa dilihat di website mereka, jangan tanya mereka mengenai ras tertentu ya, jangan rasis! :p Semua anjing patut untuk disayang, semua berhak memiliki rumah, bukan hanya yang purebred saja. :)

Ada banyak sekali cerita yang bisa kalian dengar jika kalian ke shelter, kalau ingin adopsi, bisa tanya langsung kesana. Daripada habiskan uang untuk makan di restoran mewah setiap minggu, mungkin bisa sisihkan waktu dan uang jajan kalian untuk kunjungi anak-anak ini, pasti kalian dan mereka sama bahagianya. :)

Much love,
x

Post a Comment

Copyright © Adani Nurimanina
Design by Fearne