CAT CAFE JAKARTA: Cutie Cats - GUIDELINES

Saturday, 14 February 2015


Ok saya akan coba post dalam bahasa Indonesia, karena mayoritas yang datang ke cat cafe di Jakarta ini orang lokal, dan kamu butuh paham beberapa hal sebelum kamu datang ke Cat Cafe. Di Jakarta, sejauh ini ada dua cat cafe, lokasi di Kemang, dan keduanya bahkan belum beroperasi selama satu minggu.

Apa itu cat cafe? Cat cafe adalah kafe yang ada kucingnya. Kucing-kucing ini bebas untuk jalan-jalan di dalam kafe dan mereka tidak dikunci di dalam kandang (kecuali kalau yang sakit), dan kamu boleh memegang dan mengelus kucingnya selama tidak mengganggu kucingnya.  



Apakah ada makanan dan minuman? Iya, dan hygiene selalu jadi yang utama, jadi kamu gak perlu ragu.

Sebelum itu, baca pengalaman saya di cat cafe Singapore di sini (kucing-kucing di sana terasa sangat stress)

Untuk tahu lebih lanjut mengenai Cutie Cats Cafe go to their Instagram @cutiecatscafe

Pengalaman saya di Cutie Cats Cafe (saya kesana waktu hari ke dua soft opening, jadi masih sangat baru), in general it was very pleasant. Sangat hygienic, tidak perlu khawatir untuk makan dan minum di dalam. Staff dan caretakers mau mendengar suggestions dengan sangat baik, cats were healthy (except for the Maine Coon yang sedang mengalami infeksi telinga). Jika bukan karena pengunjung yang berlaku kurang baik terhadap kucing di sana, I can say it was perfect. (One thing though, the staff clearly hasn't really understood a lot of things, baiknya owner selalu disitu untuk mengontrol, but they weren't there all the time)

Ini beberapa hal yang menurutku kamu harus paham sebelum kamu ke cat cafe:

1. Kucing di cat cafe tidak sama dengan kucing yang di rumah kamu. Kondisi di cat cafe jauh berbeda, kalau kamu merasa sangat paham bagaimana memperlakukan kucing karena punya kucing di rumah, pendekatan yang kamu lakukan ke kucing-kucing di cat cafe ini belum tentu sama. Kucing kamu di rumah tidak perlu endure the stress of people constantly coming and going, kucing kamu di rumah seharusnya sudah nyaman dengan lingkungannya, selalu bersama dengan orang-orang yang dipercaya. Sebelum kamu ingin mengganggu satu kucing, ingat kalau ada ribuan yang sudah datang sebelum kamu, dan ada ribuan yang akan datang setelah kamu, cat cafe beroperasi selama bertahun-tahun, kenyamanan kucing harus jadi yang utama.

2. Kucing di cat cafe tidak memiliki kewajiban untuk menghibur/entertain kamu. Kalau kucing ingin beristirahat dan tidak ingin main, sama seperti kita, pasti kita tidak ingin diganggu. :)

3. Kucing di cat cafe TIDAK untuk digendong. "Cuma untuk foto aja kok, 5 menit" Sekali lagi, ingat tidak hanya kamu yang datang ke cafe ini. Dengan kamu menyebarkan foto kamu menggendong kucing di cat cafe di social media, kamu mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Kalau ada 100 yang gendong dan memaksa gendong kucing-kucing ini dalam satu hari, di ulang lagi keesokan harinya dan terus menerus selama bertahun-tahun, menurut kamu apakah nyaman untuk mereka? Saya melihat orang-orang memaksa gendong berulang-ulang, dan saya jadi sedih banget.

4. Di cat cafe pasti ada kucing-kucing yang lebih menarik perhatian dari yang lain, misalnya kucing Scottish Fold, Bengal,  Maine Coon, atau LaPerm. Kalau mereka terlihat sudah tidak nyaman dengan perhatian yang didapat, give them a break ya :)

5. Kucing diberikan tempat untuk mendapatkan "me time". Ketika kucing merasa tempat terlalu ramai, dia akan naik ke tempat-tempat yang tinggi yang sudah disediakan di cat cafe. Kalau kamu melihat kucing di tempat-tempat tersebut, jangan diganggu ya. Kalau mau, tunggu sampai dia turun lagi lalu dekati perlahan.

6. Tidak baik untuk memaksa kucingnya jika dia tidak mau ada di dekat kamu. Kalau dia tidak mau dipegang, cari yang lain yang nyaman dipegang.

7. Setiap kucing memiliki personality nya masing-masing, if you care, try to know them. Ada yang suka di tepuk-tepuk, ada yang suka dielus-elus bagian leher, ada yang sama sekali tidak suka dipegang tapi suka sekali main, ada yang harus didekati dengan sangat gentle. Kalau kamu hormati kucingnya dan mendekati dia dengan cara yang benar, pasti kamu lebih senang juga kan kalau dia jadi nyaman sama kamu dan maunya deket-deket terus? :) 

8. Kalau mereka terlihat sedang menuju tempat makan/mendekati tempat minumnya, dibiarkan ya. Waktu di Singapore, saya diceritakan oleh owner cat cafe di sana kalau ada kucing yang akan kehilangan mood makan/minumnya kalau diganggu bahkan ketika menuju tempat makan/minumnya, dan kucing itu bisa melewati berjam-jam tanpa minum. Dari sini saya jadi paham dan belajar kalau "Ok, I shouldn't do that" :)

9. Jangan ragu untuk mengingatkan staff dan caretakers kalau kamu melihat visitors yang mengganggu kucingnya, dan beri saran jika kamu merasa kondisi di cat cafe bisa lebih baik. Kenyamanan kucing harus jadi prioritas nomor 1. They never have to be there for us.

10. Semua ini pada akhirnya kembali ke: Respect the cats. Kalau kamu sudah hormati kucingnya, pasti semua jadi tenang dan senang!

Apakah kamu punya saran yang lain? Write them down below!

2 comments

  1. Wah, ada dua cat cafe yg muncul hampir samaan ya di Februari ini. AKu udah main ke yg Cat Cabin, next yg ini ah... ada Bengal n Scottish Fold, lucu :)
    Thanks for the info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sprtinya yg Scottish Fold belum masuk kafe, soalnya masih terlalu kecil :) Bagaimana pengalaman di Cat Cabin? Jangan lupa ingatkan pengunjung yg mengganggu kucingnya ya :)

      Delete

Copyright © Adani Nurimanina
Design by Fearne