Ide Kado Untuk Ibu Baru Melahirkan

Sunday, 11 March 2018

Kalau belum pernah hamil dan teman ada yang hamil duluan, pasti bingung mau kasih kado apa, ujung-ujungnya kasih baju aja deh dari Mothercare (habis itu yang paling gampang kayanya yaaa) hahaha. Padahal kalau baju pasti sudah banyak disiapkan, plus baju tuh sebentar banget kepakenya.. Jadi aku bikin post ini untuk membantu kalian yang lagi bingung mau kasih apa untuk teman yang lagi hamil. Ini bukan kode loh yaa! Aku dengan terus terang minta A atau minta B ke teman-temanku jadi apa yang mereka beliin tuh tepat sasaran dan aku beneran butuh... Apapun yang kamu mau beli, sebenarnya memang lebih baik kroscek dengan si ibu hamil apakah sudah punya atau belum, tapi kalau mau kasih kejutan, ya nggak apa-apa banget juga kok. Berikut beberapa ide dariku yaaa...


1. Nursing Pillow
Sekarang sudah banyak sekali yang jual nursing pillow, ibu-ibu zaman dulu sih pakai bantal biasa, cuma nursing pillow ini dibuat agar ibu menyusui lebih nyaman. Motifnya segala macem deh ada di Instagram. Kebetulan aku sudah punya, dapat dari @baby.loop

2. Nursing Cover
Bermanfaat untuk ibu-ibu yang berniat menyusui anaknya di mana-mana. Kayanya setiap ibu punya 1 aja deh sedia. Aku beli di Cottonseeds, bahannya adem dan lembut banget tapi nggak nerawang, insya Allah nggak mengganggu pernapasan bayi karena nggak tebal bahannya. Ada lagi yang terkenal dari Bebe Au Lait.

3. Cooler Bag
Ini adalah salah satu hadiah yang aku minta dari temanku. Cooler bag berfungsi untuk menyimpan ASIP dan breastpump kalau ibu lagi keluar rumah, atau kalau tengah malam pumping dan terlalu ngantuk untuk jalan ke kulkas, bisa disimpan di cooler bag dulu. Merk yang terkenal Gabag, tapi aku beli Natural Moms yang model lebih baru, insulatornya lebih bagus deh kalo nggak salah dari yang lama, belinya di @buy.asikubanyak.

4. Termometer
Ini juga salah satu yang aku minta dari temanku hahaha! Soalnya lumayan euy termometer harganya xD Sekalian minta yang mahalan haha. Kalau mau kasih mungkin cari yang infrared. Dari yang aku baca, mesti punya termometer di rumah, karena kan kepake juga sampai anak kita besar nggak hanya waktu bayi saja.

5. High Contrast Books, Set Buku Cerita
Berguna banget untuk stimulasi bayi newborn. Kalau mau kasih buku cerita yang isinya kalimat pendek-pendek juga boleh. Soalnya kalau buku cerita yang tulisannya banyak, mungkin nggak langsung kepake. Tapi aku tetep seneng banget kalau ada yang kasih perbukuan sih, soalnya aku waktu kecil juga suka banget baca buku. Daripada nonton TV terus kan anaknya, bisa jadi media orangtua untuk rajin interaksi sama anak juga dengan dongengin buku cerita. Aku sudah punya dari Rabbit Hole, dan di Gramedia juga banyak dijual. Yang terkenal lainnya ada terbitannya Hello Baby, atau buku Oh! Si Burung Hantu.


6. Silicone Breast Pump
Awalnya aku nggak tau sama sekali kegunaan breast pump ini. Ternyata dia tuh di caplokin/ditempelin di payudara saat bayi lagi nyusu di payudara satunya (kalau bayi nyusu di kanan, pump ini buat nadahin payudara kiri), jadi ASI yang netes-netes di payudara satunya nggak kebuang. Siapa tau temen kamu belum tau adanya barang ini, soalnya aku juga baru tau pas hamil 8 bulan hehee.... Contohnya ini punya Mooimom (kok mahal banget di websitenya, di Tokopedia jauh lebih murah hahaha).

7. Multi Function Muslin Swaddle
Ini nih yang lagi booming yah. Muslin swaddle ini selain lembut banget tapi kegunaannya juga banyak. Ada yang dibuat dari campuran bamboo dan cotton, ada yang full cotton, ada yang full bamboo. Yang ada bamboo nya lebih halus daripada yang cotton semua. Aku sendiri sama sekali nggak beli bedong "biasa", yang aku beli muslin semua. Ukurannya besar, jadi bisa dijadikan alas, selimut, buat nursing cover juga bisa karena bahannya breathable. Kepake nya bisa lama. Kalau mau yang bermerk, ada Aden + Anais, atau Weegoamigo (bisa beli di @baby.chic.shop). Tapi yang nggak bermerk juga sudah bagus kok, ada di Hoppipolla Kids di Instagram contohnya, tapi banyak juga online shop lain yang jual.

8. Bath Linen Set
Misalnya satu set handuk, wash cloth dan wash mitt. Aku suka bath linens nya Little Palmerhaus, bisa di bordir nama lagi.

9. Playmat
Ini buanyaaak banget modelnya. Ada yang dari bahan kain, ukuran lebih kecil dan cuma jadi background foto aja, desainnya lebih "kekinian"; ada yang biasa kita liat di toko mainan seperti ELC, ada mainannya, gantungan-gantungannya, bisa nyalain lagu ini itu, biasanya warna warni; ada yang ukuran besar, bahan PE atau PVC, waterproof, gampang dibersihin, kepake sampai anak besar. Aku minta sama temanku playmat yang terakhir, model karpet gitu aja, tapi kalau dibeliin playmat yang ada mainannya gitu aku juga nggak nolak hehehe. Harga playmat dari yang ratusan ribu sampai jutaan ada semua. Untuk yang bahan PE, ada Living Codi, Parklon, Coby Haus, dan lain-lain. Note ya ibu-ibu, aku dikasihtau sumber terpercaya kalau playmat yang bentuknya puzzle kayak karet itu sudah tidak direkomendasikan, karena nggak aman untuk masuk mulut kalau digigit atau dijilat anak. Cari tahu apakah playmat yang mau kita beliin buat teman food grade yaaa.

10. Stroller Liner
Banyak ibu-ibu yang pakai selimut aja atau muslin untuk jadi alas stroller, jadi kalau dibeliin stroller liner beneran insya Allah bermanfaat. Tinggal cari di Tokopedia "stroller liner". Dua merk yang sering muncul Borny dan Mamas and Papas, Petitmon juga lagi naik popularitasnya. Tapi pastikan dulu temanmu memang beli stroller yaaa..

11.Toys, Bouncer
Perlengkapan tersier ini gak semua ibu-ibu siapin. Aku sendiri nggak beli mainan sama sekali untuk anak, belum kepikiran dan bingung mau beli apa, takut overstimulate atau nggak kepake. Pasti senang-senang aja terima mainan. Mungkin bisa liat-liat mainan edukasi, rattle, soft book, mainan yang bisa bunyi lullaby (gatau namanya apa hahaha), teether juga butuh tuh buat nanti saat gigi mau tumbuh. Bouncer juga banyak yang menjadikan kado, menurutku memang bisa kepake, apalagi kalau anaknya betah. Banyak bouncer yang bisa dipakai dari newborn sampai toddler. Aku sendiri sudah ada bouncer, karena nanti akan mengurus sendirian di rumah, jadi butuh kalau aku harus ke toilet sebentar misalnya.

12. ASI Booster
Nah ini sudah banyakkkk jenisnya yang praktis. Berbagai macam minuman dengan berbagai rasa kayak Wake Wake atau @mamanduyasibooster, cookies ASI, atau mau kasih Blackmore's, Nature's Way Blessed Thistle dan Fenugreek misalnya. Terutama kalau ibu repot ngurus bayi sendiri kayak aku, belum pernah makan daun katuk, jadi masaknya, beberesnya sudah repot, udah gitu belum tentu suka lagi sama rasanya. Aku mau nih kalo ada yang mau kasih! Hahahahaha. Aku liat ada paketan di @boosterasi.



Untuk yang budget nya besar:
13. Car Seat
14. UV Sterilizer
15. Kursi goyang yang nyaman untuk menyusui

Beberapa kado yang nggak aku sarankan:

BAJU! Karena baju bayi kepake cuman sebentar, kalau mau beliin baju udah gemes banget gapapa, tapi beliin ukuran di atas 6 bulan atau 1 tahun aja yaaa..

"Kosmetik" bayi seperti cologne, bedak, body lotion, hair lotion, dan sejenisnya. Kenapa? Karena jaman sekarang makin banyak ibu-ibu yang berniat untuk nggak pake beginian, termasuk aku :) Kenapa Adani kok nggak pake? Karena the less we do to our baby's skin, the more we protect it. Kalau mau beliin yang manfaatnya untuk itu, mending beliin extra virgin coconut oil aja, udah serbaguna deh tuh minyak.

Prewalker shoes soalnya buat apa? Tapi kembali lagi kamu yang kenal temanmu yahhh siapa tau dia emang seneng banget sama sepatu bayi.

Gendongan kecuali kamu memang yakin gendongan yang kamu belikan sudah ergonomis dan aman. Kalau mau beli merk terkenal juga mesti waspada, tembakannya banyak. Bahaya kasih yang KW KW untuk bayi.

Botol susu dan empeng karena sifatnya personal banget, ada yang mau pakai ada yang nggak. Kalau mau beliin dot mungkin bisa tanyakan dulu sama ibu hamil apakah memang berniat pakai dot, kalau iya pengennya merk apa, empeng juga yahhhh, aku personally nggak rencana pakai empeng hehe, botol susu juga nggak beli dan belum rencana.

Yang aku inget sekarang ini itu dulu, nanti kalau ada tambahan aku update yah!

Kepada ibu-ibu yang ingin memberikan masukan kado apa yang dibutuhin, bisa tulis di comment! :)

Semoga bermanfaat.


Post a Comment

Copyright © Adani Nurimanina
Design by Fearne