Sumber Ilmu Mengenai Kehamilan yang GRATIS!

Thursday, 8 March 2018

Hidup di era digital sungguh memudahkan kita ibu-ibu untuk belajar dan memberdayakan diri, karena itu jika kita ingin, kita bisa memanfaatkannya dan mengambil banyak keuntungan dari berbagai kemudahan yang kita punya sekarang. Salah satunya dari? Media sosial. Gratis, berisi informasi nggak berujung. Tentu saja kita harus hati-hati dalam memilih dari mana kita cari ilmu. Boleh aja baca dari sejuta sumber, tapi harus selalu kritis dan bertanya apakah informasi yang diberikan adalah informasi yang benar.


Satu lagi, bukan berarti kita harus mengikuti semuaaa yang kita baca, tentu saja kita selalu bisa menyesuaikan dengan kondisi kita, apakah cocok dengan teori yang ini, praktik yang itu? Karena kebutuhan kita berbeda, hanya menurutku, cari informasi banyak itu tetap bagus, jadi kita bisa tau apa yang cocok untuk kita apa yang nggak. Kalau informasinya aja kita nggak tau/nggak punya, gimana kita bisa tau apa yang cocok?

YouTube

Aku sebenarnya sudah suka nonton video orang melahirkan, bahkan sebelum berencana untuk hamil. Di YouTube, kita tinggal memasukkan keyword apaaaa aja yang mau kita tonton, pasti ada videonya. Beberapa keyword yang bisa dicari: "birth video", "positive birth video / experience", "gentle birth", "home birth", "water birth", "caesarean birth", "natural birth", "gentle birth indonesia", semuaaaa ada A-Z. Memang nggak semua video berisi pengalaman yang positif, kalau kamu tipe yang penakut dan butuh ditenangkan bisa pilih-pilih mana video yang mau kamu tonton, pilih-pilih keyword yang kamu cari... Karena dengan menonton pengalaman orang lain, bisa mengubah mindset kita, dan kita juga jadi "ngintip" realitanya persalinan seperti apa. Ini salah satu video melahirkan favoritku.



Aku suka sekali dengan video ini karena vibe nya yang sangat tenang, hangat, intimate, tone dan editingnya bagus (haha) dan Hannah juga cerita gimana dia merasakan hal yang berbeda saat melahirkan anak pertama dan anak kedua nya...

Setelah aku tahu aku hamil, dari trimester 1 aku sudah cari banyak informasi. Aku orangnya panikan and I need to know as much as I can. Aku bersyukur sekali aku hamil di zaman mendapatkan informasi sangat mudah.

Dari YouTube, yang pertama-pertama aku nonton tuh cerita melahirkan nya Andien Aisyah, terus jadi nonton video-video dari acara Belahan Jantungku Vol. 01. Berisi banyak informasi meskipun nggak semua nya pun aku setuju, tapi tetap aja pengen banyak belajar.


Aku bersyukur banget ada orang-orang kayak Andien yang bikin banyak perempuan jadi belajar dan penasaran agar menjalani kehamilan dan persalinan lebih nyaman. Apakah dia yang pertama? Tentu saja nggak, hanya kebetulan di zamanku ya yang kedengaran dia, jadi semua dibilang "ngikutin" dia. Sudah banyak ibu-ibu dari bertahun-tahun lalu yang melakukan apa yang dianggap baru jadi "trend" sekarang, padahal sekarang mungkin terlihat banyak karena mudahnya penyebaran informasi. Dia mah share aja apa yang bikin dia bahagia, kan kita mau ikutin atau nggak tuh dia juga nggak maksa, hehe. Kalau ada ilmu ya yang untung dan rugi juga kita saat kita memilih mau belajar apa nggak. Kan udah gede, bisa bikin keputusan sendiri :) That's basically what she's doing, what she thinks is best for her family... Aku juga belajar dari dia tapi memutuskan untuk nggak copy semua yang dia jalanin, senang aja kan perempuan-perempuan jadi makin berdaya, apapun yang mereka pilih.

Aku juga nonton videonya Dewi Lestari (lebih duluan dari Andien loh ini, Widi Mulia juga) mengenai pengalaman dia melahirkan, videonya ibu Robin Lim. Ya segala macem deh aku tonton, hehe.


Website

Yang paling banyak aku baca adalah website nya Bidan Yesie. (www.bidankita.com) Buanyakkkk banget artikelnya! Nggak habis-habis deh baca itu, ilmunya segunung. Selain itu aku juga baca website nya Mbak Ashtra (www.haloibu.id) dan Keluarga Gentle Birth (www.keluargagentlebirth.com).


Instagram

Ini yang paling gampang karena ibu-ibu mana yang nggak scroll instagram setiap hari? Haha. Banyak orang-orang di dunia kebidanan, parenting, yang dengan sangat dermawan menyebarkan ilmu mereka dengan gratis di Instagram! Banyak dari mereka yang DM nya dibuka dan mencoba menjawab pertanyaan dari ibu-ibu awam kaya aku.

Beberapa yang aku follow:

1. @bidankita dan @keluargagentlebirth: Gudang informasi semuaaaa yang berhubungan dengan persalinan dan kehamilan yang nyaman. Banyak info soal instruktur yoga dan praktisi hypnobirthing juga untuk yang lagi cari guru di daerah masing-masing. Bidan Yesie juga jualan buku-buku persalinan yang aku dan suami baca. Klinik beliau kalau nggak salah di Klaten dan sering ngajar yoga di Jogja. Belum pernah ketemu tapi banyak belajar dari beliau. Bidan Yesie bener-bener nggak pelit ilmu.
2. @homecarebidan: Bidan Salsha passion nya lebih ke breastfeeding dan keperluan setelah melahirkan. Tapi beliau juga instruktur prenatal yoga lho! Banyak sekali informasi yang bermanfaat di Instagram nya, aku sudah pernah ikut kelas post partum nya Bidan Salsha dan aku cocok sekali sama beliau <3
3. @prenatalgentleyoga: Instagram yang berisi informasi acara prenatal yoga, juga mengenalkan instruktur-instruktur yoga di berbagai kota, kalau tinggal di Jakarta mungkin nggak terlalu perlu follow akun ini.
4. @haloibu.id: Berisi banyak afirmasi positif untuk semua ibu-ibu, baik yang lagi hamil atau kehidupan per-mama-an. Punyanya mbak @ashtradymach.




Tim ProV Clinic:

Pro V Clinic adalah tempatku berlabuh. Tempatku yoga dari usia kehamilan 21 minggu dan aku ikut kelas melahirkannya.

@provclinic dan @hypnobirthingjakarta: Berisi lebih ke jadwal kelas dan acara dari Pro V. Pro V juga punya banyak treatment selain hypnobirthing aja lho.

@lannykuswandi: Pelopor hypnobirthing di Indonesia. Mengembangkan hypnobirthing dan persalinan nyaman sudah beeeertahun-tahun lamanya. Jadi isi instagramnya juga menggambarkan keahlian beliau ya. Senang banget dan sebuah kehormatan bisa kenal Bu Lanny. Kalau dengar beliau ngomong langsung otomatis dalam sedetik hati tenang, adeeeem banget.

@fitriani_chandra dan @jamilatus.sadiyah: Mbak Ochan yang aura nya selalu bikin santai, selalu senyum tulus lebar happy. Mbak Mila, yang selalu tau apa yang harus diucapkan untuk memotivasi ibu-ibu. Dua-duanya instruktur yoga, bidan, dan doula di Pro V. Instagram nya berisi birth story dari ibu-ibu yang belajar di Pro V, kegiatan mereka dan ilmu mengenai persalinan dan kehamilan. Kedua orang ini banyak sekali jasanya dalam membuat kehamilan aku jadi nyaman dan nikmatttt. Selalu mengingatkan agar ikhlas dan menerima, namun harus selalu membuat harapan setinggi-tingginya.

Yang tinggalnya di daerah Bintaro, mungkin bisa belajar di @nujuhbulanstudio. Waktu itu aku ikut seminarnya Festivalahir, acara bikinan mereka. Belajar postpartum sama Bidan Salsha juga di nujuhbulan. Beberapa tim nujuhbulan @irmasyahrifat, @tiapratignyo, @sintajoy.

Dengan belajar, kita jadi tau apa yang kita mau dan apa yang nggak. Kita jadi tau apa yang harus ditanyakan ke dokter/bidan saat kontrol. Kita jadi tau apakah lingkungan kita sudah mendukung kehamilan dan persalinan yang kita inginkan. Kita jadi familiar dengan berbagai istilah yang mungkin akan digunakan dokter/bidan. Kita jadi punya kepercayaan diri dan lebih paham apakah yang disarankan keluarga, lingkungan, dokter itu benar cocok untuk kita atau nggak.

Sebenarnya kayanya masih banyak, tapi segini dulu cukup yaaa.

Selamat memberdayakan diri, Ibu!



Post a Comment

Copyright © Adani Nurimanina
Design by Fearne